Jumat, 28 Januari 2011

Hujan

Tik Tik Tik...Bunyi hujan diatas genting...

Hujan, pasti kata2 itu sudah gak asing lagi kan di telinga kita. Hujan biasanya identik dengan suasana yang mellow, mendayu-dayu gitu deh.. (iya kan?! iya dong!!). Nah berhubung saat ini lagi seru-serunya hujan turun, gak ada salahnya kan kalo kita cari tau apa sih sebenrnya hujan itu??

Hujan merupakan satu bentuk presipitasi yang berwujud cairan. Presipitasi sendiri dapat berwujud padat (misalnya salju dan hujan es) atau aerosol (seperti embun dan kabut). Hujan terbentuk apabila titik air yang terpisah jatuh ke bumi dari awan. Tidak semua air hujan sampai ke permukaan bumi karena sebagian menguap ketika jatuh melalui udara kering. Hujan jenis ini disebut sebagai virga.

Hujan memainkan peranan penting dalam siklus hidrologi. Lembaban dari laut menguap, berubah menjadi awan, terkumpul menjadi awan mendung, lalu turun kembali ke bumi, dan akhirnya kembali ke laut melalui sungai dan anak sungai untuk mengulangi daur ulang itu semula. (wikipedia).

Nah itu pengertian hujan versi ilmiah nya. Kalo menurut gw pribadi sih hujan itu berkah (hmm tergantung sikon juga sih :D). Mengapa gw berkata demikian??? soalnya kalo hujan turun, apalagi kalo hujan gede tanpa petir, saat2 itu adalah ajang bagi gw dan ade gw,Rio, untuk bermain ujan-ujanan di halaman belakang rumah, hahahahahaha. Mungkin lo pikir "wah, si Astri norak nih, masa udah gede masih aja main ujan-ujanan, gak gaul abis deh.." Tapiii ya begitulah kenyataannya sodara-sodara. hujan selalu membuat gw tergerak hatinya untuk main becek-becekan. Filosofinya sih gini, saat hujan turun dan ketika air hujan itu menjatuhi kepala lo, lo akan merasakan sensasi yang luar biasa nikmat nya, dan bau hujan yang "khas" itu enak banget buat di hirup dalam2. (kalo lo gak percaya lo boleh rasain sendiri, tapi gw gak tanggung jawab kalo lo sampe kecanduan ya). Hujan membuat gw bebas untuk mengekspresikan diri, ketawa bebas tanpa ada yang menganggap gila karena yang terdengar hanya suara hujan dan karena gw berada di halam belakang rumah gw sendiri, hehe. Buat gw hujan itu simbol, simbol pemberian. Tuhan memberikan hujan agar umatNya dapat merasakan kesejukan dari hujan itu. Gak kebayang kan kalo setiap hari cuma ada terik matahari yang menyengat. OMG, bisa item kulit gw entar!! *_*

Tapiii... setiap hal pasti memiliki sisi baik dan sisi buruk, sisi hitam dan sisi terang, sisi positif dan negatif. (jadi si sisi itu siapa sih??) Begitu juga dengan hujan. Disamping sebagai berkah dan nikmat yang diberikan Tuhan kepada umatnya, hujan ternyata juga menyimpan sebuah "kekuatan besar" yang mengejutkan!! apakah itu????

to be continue..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar